Pages

Jumat, 24 Juni 2011

Special thing called BRAIN

Bismillah,,

Assalamu’alaikum wr. Wb.

kamis 23 Juni 2011 jam 21:11.

Hai.... saya mau nyapa pembaca setia blog saya ini*emang ada ya?? Terimakasih sudah membaca blog yang isinya Cuma curhatan ini. Sebenernya banyak ide yang mau dituangkan ke dalam tulisan yang lebih manfaat dikit gitu. Yang ga Cuma curhatan ga guna. Hehe...tapi ya gitu, ga mood. Males. Jadi ide yang udah ada itu terkubur di dalam otak saya dan lupa akhirnya *capek deh ya.

Ngomong-ngomong soal ide, saya pengen punya catatan deh buat ide2 saya, buat mimpi-mimpi dan target hidup saya. oiya, saya baru bikin mind manager lho.. apa sih itu? Ketularan sama mbak mulki nih, nulis targetan hidup saya. semoga semuanya dikabulkan oleh Allah ya,,,amin. Ya manusia dapat berencana tetapi hanya Allah yang menentukan tugas kita ya berusaha dan tawakal. Buat hasilnya, kita serahkan sepenuhnya kepada Allah. Mungkin berat ketika apa yang kita inginkan itu ga kesampean, kayak beberapa waktu lalu dari apa yang saya inginkan. Tapi jangan sampai kita suudzon kepada Allah. Inget, setelah kesempitan ada kemudahan. Dan percaya, Allah pasti memberikan apa yang terbaik untuk kita, atau itu adalah teguran buat kita. Dan lihat dalam diri masing-masing kita apakah kita sudah memberikan apa yang terbaik yang dapat kita lakukan? Berusaha sekuat tenaga untuk memperoleh apa yang kita inginkan (tentunya dengan cara yang halal yah)? Kalo udah, tapi hasilnya belum ada, atau ga kesampean. Percaya deh Allah itu pasti punya sesuatu untuk menggantikannya dengan yang lebih baik. Dan harus sabar dan qanaah ketika itu terjadi. Toh, Allah memberikan lebih banyak yang kita inginkan dibanding tidak memberikan apa yang kita inginkan kan. oleh karena itu, kita harus berusaha ekstra untuk tujuan kita dan jangan lupa tawakal hanya kepada Allah, meminta hanya kepada Allah, menyandarkan sepenuhnya hanya kepada Allah, dan untuk hasilnya, jika tujuan atau apa yang kita inginkan itu tercapai, maka bersyukurlah. Dan jika belum tercapai atau belum diberikan bersabarlah. Karena Allah bersama orang-orang yang sabar.


Sip..

Semoga saya dan teman-teman yang membaca tulisan ini termasuk orang yang bisa menjalani apa yang saya tulis diatas. Back to the main topic. What?? yap...balik lagi,,, ngomong-ngomong soal ide, saya tertohok makjlebjleb banget waktu liat gambar ini.



Lucu kan.

Perjuangan abadi untuk mengeluarkan isi dalam otak ke secarik kertas. Ya sekarang jarang juga sih pake kertas, mungkin bisa diganti laptop. *apasih nisa*. Ga jarang kita susah banget ngeluarin ide. Kalaupun udah keluar, susah buat dikembangkan. Mentok notok jedog lah intine. Gimana biar ga mentok ? saya juga ga tau sih gimananya. Yang pasti harus usaha ya. Yaiyalah nis. Yooo...saya ga mau bahas ini sekarang karena saya juga gak ahli dalam hal ini*ga mau dibilang sok tahu*. Yang saya mau bahas itu adalah otaknya. Hemmm sapa yang suka makan otak? kalo saya sih suka otak ayam aja, otak sapi? Mau muntah makannya.

Ngomong-ngomong soal otak. saya baru baca dari buku fisiologi saya, yang gede itu tentang otak. jadi ternyata otak manusia adalah organ yang paling susah diteliti dan baru sedikit penelitian yang menguak tentang keajaiban otak ini. Karena apa? Ada yang mau jawab? Yap. Karena ga ada makhluk Allah di dunia ini yang otaknya sama seperti manusia. Ga kayak jantung kita yang mirip dengan jantung anjing*walaupun mungkin ada perbedaan(karena saya belum baca tentang jantung)* so penelitian tentang jantung sudah banyak terkuak. Tapi otak manusia? Allah spesial membuatnya untuk manusia. Untuk khalifah di bumi, yang mempunyai akal yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Ga hanya dari segi anatomisnya tapi juga dalam fungsionalnya. Allah gives special one for us.

Otak kita ini spesial banget. Dilindungi oleh 4 lapisan mulai dari kranial, menings, cairan serebrospinalis, sampai sawar darah-otak. otak harus terus menerus dipasok komoditas oksigen dan glukosa. Beberapa menit saja otak tidak mendapatkan pasokan ini. Otak kita akan mati. Kenapa otak butuh oksigen dan glukosa. Inget kan tubuh kita dibangun atas sel, di sel itu terjadi pembentukan energi tepatnya di mitokondria. Nah, kalo inget tentang metabolisme, ada 2 cara pembentukan energi. Yang pertama secara aerob dan anaerob. Sel di otak kita ini ga sama seperti sel di jaringan atau di organ lain. Inget, otak kita ini spesial. Ga seperti sel di tempat lain yang bisa melakukan metabolisme anaerob, otak kita ini harus melakukan metabolisme aerob. Terus harus glukosa yang jadi bahan bakarnya, bukan lipid ataupun protein.

Otak juga disusun atas miliaran neuron. Neuron ini di analogikan seperti kabel. Suatu penghantar impuls listrik dari dan ke sistem saraf pusat. Otak punya teritorial tersendiri untuk mengatur fungsi tubuh. ini saya copas dari buku fisiologi sherwood saya lho... misalnya nukleus basal memiliki peran inhibisi dalam kontrol motorik. Talamus sebagai stasiun penyambung dan pusat intergrasi sinaps untuk mengolah pendahuluan semua masukan sensorik dalam perjalanan ke korteks. Sebagai salah satu fungsi talamus bekerja sama dengan batang otak dan daerah asosiasi korteks adalah orang tua dapat tidur dalam kondisi sekitar bising sekalipun, tetapi dapat terbangun hanya dengan suaru tangis bayi atau anaknya.



Hipotalamus memiliki fungsi pengaturan homeostatik. Misalnya mengontrol suhu tubuh, rasa haus, pengeluaran urin, mengontrol asupan makanan*ngomong tentang makanan, perut saya bunyi nih pas nulis ini haha..*, sekresi hormon-hormon hipofisis anterior, menghasilkan hormon-hormon hipofisis posterior, mengontrol kontraksi uterus dan pengeluaran susu, sebagai pusat koordinasi sistem saraf otonom utama, berperan dalam pola perilaku dan emosi.

Serebrum yang penting untuk kontrol keseimbangan, perencanaan dan pelaksanaan gerakan volunter. Batang otak sebagai pusat pengaturan tidur. Dan masih banyak lagi fungsinya, kayak mengingat, menganalisis, dan lainnya yang ga bisa saya jelaskan disini.

Kalo ngomongin tentang sistem saraf ga akan ada habisnya. Ga cukup dengan satu postingan. Di buku aja pembahasannya paling panjang dan palin tebel sendiri. Kalo baca aja pasti dihinggapi kantuk. Huaaaa.....ga boleh gitu nisa.

Jadi, udah dulu postingan saya tentang otak ini, mungkin besok besok, saya posting lagi tentang yang lain...
see yaaaa.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar