Pages

Jumat, 06 April 2012

It's Cooking Time

Alhamdulillah masih bisa nulis blog lagi setelah sekian lama ditinggalkan.

Liburan semester 3 ini rasanya lamaaaaa banget, dan sampai dengan saat ini saya tidak menggunakan waktu saya dengan produktif. Padahal apa yang kita kerjakan setiap jam bahkan setiap detik akan dimintai pertanggungjawabannya. Dasar memang sayanya aja yang belum sadar.

liburan ini, saya membuat rencana. Sebenernya persiapan sih, dimulai dari beberapa bulan yang lalu, saya membeli buku resep diskonan*karena buku resep yang asli harganya 3-6x lipatnya* dan dasar ya saya itu kalo ke toko buku pengennya beli buku, jadi saya beli aja beberapa. Niatnya sih buat ibu, biar lebih variatif masakannya.

Dari saat itu sampai sekarang, setiap ke toko buku, selain ke bagian stationary, dan kesehatan, saya ke bagian masakan. Soalnya lucu sih, dan salah satu hobi saya adalah makan makanan enak, hehehe,, jadi saya ga boleh Cuma bisanya makan aja, tapi harus bisa bikinnya juga. alhasil saya membeli beberapa buku lagi, kalo kata kaka tingkatku, beli buku itu investasi lho.. lagian buku masakan kan ga bakalan basi.

Udah punya bukunya, tinggal praktek deh...

Kalo kata saya, setiap orang pasti bisa melakukan sesuatu asal dia melakukan sesuatu itu sesuai prosedur. Nah, sama aja kayak masak. Setiap orang bisa masak asal sesuai sama resep. Dan saya melakukannya. Nyontek resep, hahaha....coba-coba, sekalian belajar untuk masa depan.

Hasilnya, hmmm....lumayan enak. Soalnya nyontek resep. Yang masih perlu di upgrade adalah ketenangan saat memasak. Ga tau kenapa ya, saya jadi panik kalo di dapur. Padahal semua bumbu udah di tempatin di deket kompor, tapi ya gitu, satu kata yang menggambarkan saya ketika masak RECOK. Haha...

Sebenernya, Yang saya coba itu masakan yang sangat sangat sederhana kok. Kalo yang complicated kayak rendang dan sebangsanya mah belom bisa. Yah, mungkin dengan berjalannya waktu dan dengan latihan yang banyak, trial and error*tapi kalo udah ada resepnya mah ga boleh gagal sebenernya*, insya Allah bisa ya..amiin, SEMANGAAAT.

Kalo soal gagal, beberapa kali gagal soalnya masaknya juga baru beberapa kali. Kegagalan pertama, masak nasi goreng tapi nasinya kelembekan, alhasil jadi bubur goreng. Jangan tanya soal rasanya. Yang kedua masak tumis tauge, tapi taugenya ga mateng, jadi pahit atau bumbunya yang emang kegosongan, hehe... tapi jadi inget quote di satu film, dari kegagalan kamu bisa mengambil banyak pelajaran. Dari kesuksesan belum tentu.

Satu lagi, masak itu butuh intuisi dalam merasakan, komposisi bumbu sangat mempengaruhi cita rasa masakan. Jangan takut gagal, sebenernya kalo masak buat sendiri sih gapapa gagal, ntar bisa dicoba lagi kapan-kapan, tapi kalo masaknya buat orang banyak, berlapang dada aja deh, tapi jangan mudah menyerah, coba lagi lain kali.

SEMANGAT MEMASAK!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar